top of page
Search

10 Manfaat Lulur Kopi untuk Mencegah Penuaan Dini

dewave.id - Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar, kini kopi menjadi minuman yang banyak digemari oleh semua kalangan, termasuk kaum muda. Seiring berjalannya waktu banyak kopi shop mulai menawarkan aneka jenis minuman kopi.


Sebagian orang mengandalkan kopi di pagi hari, untuk meningkatkan energi dan metabolisme. Meski demikian, kopi menjadi paling banyak diminati untuk jenis minuman, selain itu punya banyak manfaat, kopi juga bisa menjadi obat alternatif untuk kulit. Karena adanya kandungan antioksidan pada kopi.



Kopi juga punya kandungan fenol yang bisa membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas bisa menimbulkan kerusakan pada kulit. Bahkan American Chemical Society menemukan, bahwa kopi adalah sumber antioksidan yang paling populer di Amerika Serikat. Selain kopi, masih ada minuman yang kaya antioksidan seperti teh dan anggur.


Menurut berbagai sumber, kopi bisa menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, protein, asam amino, kafein, asam karboksilat, trigoneline, dan asam klorogenat.


Selain itu, kopi juga bisa memberikan antioksidan secara internal, manfaat kopi untuk kulit bisa diperoleh secara topikal seperti membuat masker, scrub, atau bisa juga pasta dari bubuk kopi segar dan diaplikasikan ke kulit. Pemakaian lulur secara rutin bisa membantu kulit menjadi lebih halus, sehat, dan bersih.


Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi bisa membuat kulit lebih cerah karena hilangnya lapisan atas sel kulit mati. Selain itu, merangsang produksi kolagen, yang bisa membuat kulit tetap kencang dan bercahaya.


Lulur kopi bisa membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit serta menjadikan kulit lebih halus. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kopi, jika menggunakan bahan alami. Berikut 10 manfaat lulur kopi untuk kesehatan kulit.


1. Mengurangi Selulit


Kopi bisa membantu mengurangi munculnya selulit di kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein bisa mengurangi selulit dengan cara melebarkan pembuluh darah dibawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.


Manfaat kopi yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan lulur kopi adalah membantu pengelupasan kulit yang disebabkan oleh lulur kopi, bahkan kulit menjadi lebih halus serta memberikan tampilan warna kulit menjadi rata.


2. Membuat Kulit menjadi lebih Rileks


Menggunakan kopi sebagai bahan lulur alami bisa membantu kulit Anda menjadi lebih rileks. Terutama jika Anda seharian melakukan aktivitas di luar ruangan. Meski demikian, kopi juga terkenal akan efek stimulasi di dalam tubuh, kopi juga bisa memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan pada tubuh. Karena adanya aktioksidan didalamnya.


3. Mencegah Penuaan Dini


Terkena paparan sinar UV bisa menyebabkan photoaging, namun mengoleskan lulur kopi ke wajah dan tubuh bisa mngemblaikan kondisi semula.


Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk kopi punya efek yang melindungi kulit, selain itu bisa mencegah kerutan dan garis halus, serta melindungi kulit dari photoaging. Mengoleskan kopi secara langsung ke kulit bisa membantu mengurangi muculnya kemerahan, bintik hitam, dan garis-garis halus pada kulit.


4. Mencegah Kanker Kulit


Kopi memiliki kandungan vitamin B3 (niacin) adanya pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Tetapi, trigonelline terurai menjadi niacin setelah kopi dipanggang. Menurut Skin Cancer Foudndation, niacin bisa mencegah kanker kulit nonmelanoma, serta mencegah pertumbuhan kulit lainnya.


5. Mengelupas Sel Kulit Mati


Memakai lulur kopi ke wajah dan seluruh tubuh saat mandi, bisa membuat kulit tampak lembut jika disentuh. Hal ini menandakan bahwa lulur pada bubuk kopi bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati biasanya menjadi pemicu tampilan kulit menjadi kasar. Selain itu, aroma kopi yang menyegarkan, bisa meningkatkan indra penciumanmu.


6. Meningkatkan Sirkulasi dalam Tubuh


Memakai lulur wajah atau tubuh dari kopi bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke berbagai bagian tubuh. Sirkulasi yang baik adalah sel-sel tubuh mendaptkan banyak oksigen dan nutrisi, yang bisa membantu kulit tampak bersinar atau glowing.


7. Mencegah Jerawat


Jika sering mengalami luka atau infeksi pada kulit, pemakaian lulur kopi secara teratur bisa membantu menangani masalah tersebut dari bakteri berbahaya. Kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan secara alami karena adanya bubuk kopi, yang bermanfaat untuk melawan jerawat pada wajah maupun pada tubuh secara kolektif.


8. Mengencangkan Kulit


Kopi adalah scrub yang baik digunakan untuk membersihkan semua kotoran, sel-sel mati dari kulit, dan meningkatkan regenerasi sel. Menggosokan bubuk kopi pada kulit, tidak hanya meningkatkan penampilan kulit saja, tetapi juga bisa membuat kulit Anda lebih kencang. Proses regenerasi sel ini bisa mengurangi flek hitam dan warna kulit yang tidak merata.


9. Mengatasi Dark Circle


Menurut Cosmeceuticals Beverly Hills MD, kopi juga bisa membantu mengatasi lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, adanya kandungan kafein pada kopi diduga bisa membantu melebarkan pembuluh darah yang membuat lingkatan hitam dibawah mata.


Jika Anda menggunakan kopi sebagai bahan lulur atau masker wajah, hal ini akan mencegah timbulnya mata panda. Pijat lulur kopi dengan lembut pada area mata, akan membantu menghilangkan mata lelah maupun bengkak secara efektif. Kafein yang ada pada kopi bisa membatasi pembuluh darah dan scrub akan bertindak sebagai stimulan yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks ketika melakukan lulur kopi.


10. Sebagai Perawatan Setelah Berjemur


Manfaat anti penuaan yang sama dari kopi bisa digunakan untuk perawatan pasca berjemur. Salah satu kuncinya adalah membuat perawatan yang menenangkan sehingga kulit yang terbakar matahari bisa lebih tenang.


Menurut penelelitian, kafein bisa menghambat respons kerusakan DNA, sehingga lulur kopi bisa melindungi kulit dari efek buruk UVB. Hambatan respons kerusakan DNA mungkin menawarkan pilihan terapeutik untuk kanker kulit non-melanoma.


Anda bisa melakukan lulur ini di tempat salon spa terdekat, atau bisa kunjungi deWAVE Therapy and Reflexology terdekat. Kini deWAVE sudah hadir di sekitar seperti Jogja, Magelang, Kudus, Pangandaran, Pondok Gede, Bekasi, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya. Anda bisa melakukan reservasi dengan cara menghubungi Kami disni.

31 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page