top of page
Search

4 Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan Kulit

dewave.id - Seiring bertambanhnya usia membuat tanda-tanda penuaan dini di wajah akan tampak. Sebagian orang mengatasinya dengan cara rutin melakukan totok wajah. Untuk menunjang kesehatan, apa saja manfaat totok wajah?


Totok wajah atau facial acupressure adalah salah satu jenis terapi tradisional dari Tiongkok yang sudah dikenal sejak lama. Totok wajah, dipercaya mampu membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih sehat dan cantik.



Totok wajah adalah salah satu metode perawatan kesehatan dan kecantikan yang aman. Metode ini dilakukan dengan cara penekanan pada titik-titik tubuh, menggunakan jari tangan atau benda tertentu.


Manfaat totok wajah untuk kesehatan kulit


Kerusakan kulit wajah bisa terjadi akibat stres dan polusi udara yang sering dialami oleh wanita, tertutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Selain, menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan perawatan wajah dengan ritual harian seperti pakai pelembap, cuci muka, tabir surya, dan krim malam secara rutin, Anda juga perlu mengoptimalakannya dengan cara totok wajah.


Totok wajah adalah perpaduan antara dua metode yaitu bio energy (tenaga dalam) dan acupressure (pijat atau tekan) yang bisa disalurkan pada area wajah. Untuk kesehatan kulit, manfaat yang bisa didapat antara lain:


1. Relaksasi otot wajah


Padatnya aktivitas banyak yang tidak sadar bahwa mengernyitkan wajah atau otot-otot wajah tegang. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi keriput. Sehingga, totok wajah bisa membantu mencegah atau mengurangi keriput. Biasanya, totok wajah bisa membantu mengurangi keriput dan memberikan efek tenang di wajah. Tidak hanya wajah saja, ternyata efek relaksasi bisa menyebar ke seluruh tubuh, hal ini akan membantu badan lebih rileks.


2. Mencegah keriput


Pijatan lembut pada wajah membantu mengendurkan otot, hal ini bisa membantu mengurangi atau mencegah keriput. Biasanya totok wajah bisa dikombinasikan dengan pelembap yang bisa mengatasi kulit kering dan flek hitam pada wajah.


3. Eksfoliasi


Totok wajah bisa membantu proses ekfoliasi atau mengangkat sel kulit mati, hal ini membuat kulit tampak cerah dan sehat.


Totok wajah bisa membantu menstimulasi otot-otot dengan membawa oksigen ke area sel kulit mati penyebab kulit kusam. Aliran darah lancar ini bisa mengganti sel kulit mati dengan sel baru, sehinggga kulit akan tampil lebih cerah dan tampak sehat.


4. Memanjakan kulit


Perawatan kecantikan dengan metode ini bisa merangsang aliran darah, sehingga kulit menjadi lebih segar dan bersinar. Selain itu, aliran darah bisa lancar, hal ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat wajah jadi lebih sehat.


Manfaat totok wajah lainnya


Selain kulit, totok wajah juga bisa diandalkan untuk mebantu keluhan seperti sakit kepala, hidung tersumbat, dan demam. Meski sebuah penelitian totok wajah sangat terbatas, namun beberapa bisa dilakukan, sehingga hal ini dapat mengurangi nyeri di tubuh, serta stres.


Berdasarkan penelitian dari "journal of Korean Biological Nursing Science" pada tahun 2015, pijat akupresur pada wajah menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi gejala kelumpuhan yang menyerang pada bagian wajah atau yang disebut dengan Bell's palys. Gejala depresi ini bisa berkurang.


Berdasarkan penelitian dari Saraswati Dental College, India, pada tahun 2017, pijat akupresur bisa digunakan sebagai perawatan gigi non invasif untuk mengurangi nyeri.


Bahkan, totok wajah bisa meringankan rasa sakit kepala akibat mata lelah dan sinusitis. Hal ini disebabkan karena titik wajah bisa ditekan atau dipijat adalah titik yang ada pada kedua alis dan sisi pangkal hidung.


Anda bisa melakukan totok wajah di tempat salon spa massage terdekat. deWAVE Therapy and Reflexology yang bisa jadi rekomendasi tempat spa massage favorit Anda, deWAVE tidak hanya ada di Jogja saja, deWAVE juga hadir di kota lain seperti Yogyakarta, Magelang, Kudus, Pangandaran, Pondok Gede, Bekasi, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya.


Jika di Kota Anda belum ada brand spa, massage, dan reflexology yang terpercaya? Maka segera ambil kesempatan emas ini. Anda bisa tanya langsung ke Kami dengan cara menghubungi kami disni atau melihat informasi lebih detail tentang franchise spa deWAVE disini.



38 views0 comments
bottom of page