top of page
Search

5 Cara Meningkatkan Hormon Serotonin pada Tubuh Supaya Lebih Ceria

dewave.id - Sebagai hormon yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, peran serotonin sangat dibutuhkan dalam kehidupan Anda. Apabila senyawa kimia yang bertugas untuk mengantar sel otak ini terhambat, bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk. Supaya hal tersebut tidak terjadi, berikut cara untuk meningkatkan hormon serotonin disni.


Cara meningkatkan hormon serotonin secara alami


Hormon serotonin pada tubuh sebenarnya bisa ditingkatkan dengan bantuan obat-obatan. Namun, sebagian besar obat membuat Anda menjadi ketergantungan.


Cara alami ini bisa membantu meningkatkan hormon serotonin tanpa bantuan obat, agar terhindar dari risiko ketergantungan.


Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan oleh Anda.


1. Konsumsi Makanan yang Kata Karbohidrat



Adanya hormon serotonin di dalam tubuh yang bisa memperbesar peluang Anda untuk menjalani hari dengan bahagia dan menyenangkan. Salah satu yang bisa membantu meningkatkan hormon serotonin secara alami adalah dengan mengatur pola makan Anda.


Makanan yang mengandung asam amino atau yang dikenal dengan triptofan tidak secara langsung bisa meningkatkan serotonin, Namun membutuhkan bantuan makanan yang kaya karbohidrat.


Karena karbohidrat bisa terbentuk gula dalam aliran darah yang bisa menyebabkan produksi insulin lebih banyak. Selain itu insulin juga membantu mempercepat penyerapan asam amino dan meninggalkan triptofan dalam dalam.


Sehingga triptofan dalam darah akan diserap oleh otak yang nantinya akan menghasilkan serotonin.


Ini dia beberapa makan, diykaini bisa meningkatkan hormon sserotin dalam tubuh Anda:


  • Roti gandum yang berisi ayam dan keju atau daging berprotein tinggi

  • Oatmeal kaya akan kacang-kacangan

  • Nasi cokelat atau brown rice dengan salmon

  • Susu dan produk olahan susu


2. Rutin Berolahraga



Selain konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan asam amino, rajin olahraga menjadi salah satu cara alami yang bisa meningkatkan hormon serotonin.


Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang bisa dirangkum di sebuah artikel journal of Psychiarity and Neuroscience. Ketika artikel tersebut dirilis, para peneliti sepakat bahwa dengan olahraga bisa mengurangi senyawa triptofan ke dalam darah dan bisa mengurangi asam amino.


Olahraga bisa membuat senyawa triptofan saat dilepaskan dalam jumlah yang cukup banyak otak Anda. Selain itu, ada penelitian yang bisa mengungkapakan bahwa olahraga bisa meningkatkan suasana hati pasien, terutama dengan jenis olahraga aerobik.


Ini dia adalah beberapa jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan hormon serotonin Anda tanpa bantuan obat-obatan:


  • Berenang

  • Bersepeda

  • Berjalan kaki


3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi



Sebagian masyarakat mengalami empat musim semi, panas , gugur, dan salju, hormon serotonin bisa menurun drastis ketika kan memasuk musim dingin.


Hal tersebut ternyata sangat berhubungan dengan produksi hormon serotonin yang kurang akibat kurang adanya sinar matahari yang cukup.


Berdasarkan sebeuah penelitian dari innovations in Clinical Neuroscience, cahaya matahari sudah terbukti bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hormon serotonin di tubuh.


Hal ini memungkinkan karena sinar matahari yang diserap kulit bisa mengalami proses sintesis menjadi serotonin.


Ada beberaoa startegi yang harus dimaksimalkan dari manfaat dari sinar matahari, seperti:


  • Menghabiskan waktu di luar ruangan 10-15 menit perhari

  • Usahakan untuk bisa memperoleh sinar matahari di bawah jam 10 pagi

  • Jangan lupa untuk mrnggunakan tabir surya saat berada pad aktivitas di luar runagan lebih dari 15 menit.


Namun, bagi Anda yang sensitif dengan sinar matahari, maka usahakan untuk tidak berjemur terlalu lama atau di siang hari.


4. Pijat Refleksi



Tahukah Anda jika pijat refleksi bisa sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami?


Seperti yang dilansir dari laman Mayo Clinic, yaitu melakukan pijatan selama kurang lebih 60 menit ternyata bisa menurunkan hormon kortisol di tubuh Anda.


Hormon kortisol adalah jenis hormon yang bisa memproduksi tubuh ketika sedang stres maupun ketika dalam tekanan.


Apabila terjadi penurunan hormon kortisol, serotonin normalanya bisa membantu meningkatkan dan membuat mood Anda lebih bagus.


Hal ini yang membuat pijatan yang bisa membuat Anda lebih rileks dan bisa meningkatkan kesadaran antara pikiran dan tubuh Anda.


Selain itu, pijat refleksi juga bisa membuat Anda lebih nyaman dan rileks, serta bisa membantu meningkatkan kesadaran antara pikiran dan tubuh Anda.


Bahakan, pijatan ini bisa memperoleh kembali kepercayaan diri yang hilang akibat suasana hati kian memburuk.


Alasan lainnya adalah mengapa pijat bisa mengubah suasana hati Anda menjadi salah satu sentuhan yang bisa diberikan orang lain kepada Anda untuk memenuhi kebutuhan kontak sesama manusia.


Beberapa orang mungkin mengenal pijatan adalah salah satu sentuhan yang dimakanai sebagai perhatian dan kasih sayang.


Apabila suasana hati Anda menjadi lebih baik? Coba datang tempat spa massage terdekat atau kepada orang yang sedang merileksasikan pikiran dengan pijatan selama beberapa menit.


Anda bisa melakukan spa dan massage di tempat salon spa massage terdekat. deWAVE Therapy and Reflexology yang bisa jadi rekomendasi tempat spa massage favorit Anda, deWAVE tidak hanya ada di Jakarta saja, deWAVE juga hadir di kota lain seperti Yogyakarta, Magelang, Kudus, Pangandaran, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya.


5. Memakai Minyak Essensial



Pemakaian minyak essensial bisa membantu mengurangi berbagai masalah kesehatan memang sudah dilakukan ratusan tahun lamanya.


Bahkan, minyak essensial bisa meningkatkan hormon serotonin yang bisa membuat mood menjadi lebih baik. Terutama oada lavender dan ylang-ylang yang bisa mengubah mood Anda.


Perawatan de WAVE tidak hanya membuat Anda merasa nyaman, santai, dan tenang, tetapi bisa berguna untuk Kesehatan tubuh, lho.


Jika di Kota Anda belum ada brand spa, massage, dan reflexology yang terpercaya? Maka segera ambil kesempatan emas ini. Anda bisa tanya langsung ke Kami dengan cara menghubungi kami disni atau melihat informasi lebih detail tentang franchise spa deWAVE disini.

27 views0 comments
bottom of page