Search

Apa itu bisnis franchise? Berikut cara dan penjelasannya

Anda pasti tidak asing dengan istilah franchise atau waralaba. Bisnis jenis ini menjadi bisnis yang cukup menjajikan, selain itu jika dibandingkan dengan membuat konsep dan membangun bisnis sendiri, bisnis waralaba paling mudah. Bisnis franchise sangat tepat apabila memulai dengan bisnis skala kecil sehingga mudah dijalankan.


Sebelum memulai bisnis sendiri, para pebisnis akan mempelajari sistem usaha franchise yang sudah berjalan. Bila Anda berpikir tentang menjalankan bisnis franchise namun masih ragu untuk memulainya, berikut beberapa penjelasan dan cara memulai bisnis waralaba.


Mengenal Bisnis Franchise



Bisnis franchise atau waralaba adalah sebuah usaha yang dijalankan dengan kedua belah pihak yang salah satu pihaknya memberikan hak untuk memanfaatkan dan memakai hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan usaha yang dimiliki pihak lainnya. Hasil keuntungan yang diperoleh didapat berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak tersebut yang menyediakan frenchise dalam bentuk penjualan barang dan jasa.


Dalam bisnis franchise ada beberapa istilah yang perlu Anda tahu salah satunya yaitu franchisor, franchise, dan franchise fee.


Franchisor atau pewaralaba adalah pihak yang melakukan pergerakan sebagai pemberi waralaba. Salah satu peran franchisor adalah berperan sebagai badan usaha yang memberikan hak ke pihak lain untuk digunakan maupun memanfaatkan HKI atau ciri khas badan usaha yang dimiliki.


Franchisee atau penerima waralaba adalah pihak yang memiliki kedudukan sebagai mitra waralaba. Umumnya franchisee (penerima waralaba) adalah perorangan, namun masih ada berupa perusahan. Franchisee akan diberikan hak untuk memakai dan memanfaatkan kekayaan intelektual atau ciri khas dari badan usaha yang dimiliki pemberi waralaba (franchisor).


Franchise Fee atau biaya awal waralaba adalah biaya yang harus dibayarkan di awal sebelum membuka gerai waralaba. Biaya yang harus dibayar untuk hak dan lisesnsi memakai merek dan hak untuk memakai pedoman operasional dengan jangka waktu warala.


Cara Memulai Bisnis Franchise


Jika baru saja tahu tentang franchise atau tertarik untuk melakukan bisnis franchise, berikut beberapa tahapan yang bisa Anda pakai untuk memulainya.


1. Memilih Jenis Bisnis Franchise Yang Tepat


Saat memilai bisnis franchise, hal yang harus Anda lakukan adalah memilih bisnis yang tepat. Selain itu Anda perlu memilih dan mempertimbangkan kemampuan yang Anda miliki sehingga nantinya akan membantu Anda dalam bisnis yang Anda jalani.


Anda bisa memilih franchise dengan brand yang bagus, selain itu bisa Anda pilih seperti de WAVE Therapy and Reflexology, dengan franchise dibidang perawatan dan refleksi sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. de WAVE Therapy and Reflexology bisa jadi salah satu pilihan franchise Anda.


2. Mempelajari Bisnis Franchise Yang Hendak Digeluti


Anda harus paham tentang bisnis yang akan Anda jalani. Selain itu Anda perlu mempelajari brand serta ketentuan pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan. Setiap perusahaan pasti punya standar operasional yang berbeda. Semakin baik dan sistem yang digunakan oleh perusahaan, maka bisnis tersebut layak untuk Anda pilih, salah satunya de WAVE Therapy and Reflexology.


Selain mempelajari dan mengetahui mekanisme pembayaran dan bagi hasil keuntungan. Setiap franchisor punya aturan dalam menentukan pembagian keuntungan. Anda juga perlu cari tahu sejauh mana Anda memahami tentang usaha yang akan dijalankan karena hal ini akan berpengaruh terhadap bisnis franchise Anda di masa depan.


3. Mengikuti Pelatihan dan Proses Standarisasi


Setaip franchiosr biasanya melakukan pelatihan untuk para calon mitra supaya bisa menjalankan bisnis dengan baik. Sebagai franchisor akan melakuakn sosialisasi terlebih dahulu sebelum franchisee paham tentang bisnis yang akan dijalankan. Selain itu perlu standarisasi yang harus dipenuhi dan tahu kelayakan franchise sebagai mitra.


Ketiga tahap tersebut menjadi pedoman untuk memulai franchise. Pastikan Anda memulai bisnis dengan mengikuti prosedur yang harus dijalankan sesuai perjanjian sebagai franchisor. Anda harus mengikuti program yang dibuat oleh franchisor seperti pembinaan hubungan antara franchisor dan franchisee.

1 view0 comments