top of page
Search

Cara Mencegah Maskne, Jerawat yang Muncul Akibat Sering Memakai Masker

dewave.id - Pemakain masker menjadi salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan selama beberapa bulan terakhir ini. Yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus penyebaran covid-19 yang sedang melanda di seluruh dunia. Namun pemakaian masker secara terus menerus punya efek samping tersendiri bagi kulit wajah, salah satu diantaranya adalah penyebab munculnya jerawat.


Maskne adalah jerawat yang muncul pada area yang tertutup oleh masker seperti hidung, dagu, dan pipi bagian bawah. Menurut Dr. Whitney Bowe yang dikutip dari nytimes.com, menyampaikan bahwa pemakaian masker secara terus menerus akan memperburuk kulit yang sudah dialami. Selain itu bisa menimbulkan permasalahan yang baru pada kulit, apalagi jika didukung oleh lingkungan yang punya udara panas dan lembap.



Saat ini masih banyak yang mengalami maskne sehingga merasa terganggu dengan adanya jerawat akibat maskne ini. Apalagi munculnya jerawat bisa menggangu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Selanjutnya Kita bahas tentang cara efektif untuk mencegah Maskne:


Pilih Jenis Masker yang Tepat


Pemilihan masker yang tepat bisa meminimalisir terjadinya jerawat. Banyak ahli menyarankan agar memakai masker yang berbahan katun yang mudah menyerap keringat serta mempermudah kulit bernafas.


Sayangnya jika diharuskan untuk memakai masker kesehatan atau masker bedah, maka usahakan mengganti masker selama 4 jam sekali. Pemakain masker yang berulang dan sehari dapat meningkatkan resiko terjadinya maskne.


Pertimbangkan Penggunaan Skincare


Ketika Anda diwajibkan untuk memakai masker, maka pertimbangkan untuk memilih produk skincare yang tepat. Pastikan Anda tidak menggunakan skincare yang punya kandungan frangrance, Moisturizer non comedogenic dan selalu gunakan sabun wajah yang lembut.


Hindari Pemakain Makeup yang Tebal


Apabila Anda sedang mengalami maskne, pastikan jangan memakai makeup yang tebal. Pemakaian makeup yang tebal bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu munculnya jerawat.


Meski begitu bukan berarti Anda tidak bisa tampil menawan dengan makeup. Anda bisa memakai BB Cream yang punya kandungan SPF dengan tekstur yang ringan.


Bersihkan Wajah Secara Teratur


Langkah pencegahan maskne adalah dengan membersihkan pada area wajah secara teratur. Pastikan Anda selalu membersihkan wajah secara menyeluruh setelah memakai masker. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci muka yang tepat, jika Anda memakai produk yang kurang tepat maka akan timbul jerawat. Jika Anda bisa memilih produk cuci wajah yang mengandung ceramide untuk menghindari kulit wajah yang iritasi dan kering.


Itulah 5 cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maskne. Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa melakukan beberapa perawatan facial. Dengan facial Anda bisa membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, terutama bagian terdalam pori, dan menghilangkan komedo pada wajah,


Rutin melakukan facial bisa membuat wajah jadi lebih bersih dan sehat. deWAVE Salon Spa Massage dan Refleksi Kudus yang menyediakan beberapa perawatan spa massage dan reflexology Jakarta. Untuk info lebih lanjut terkait harga spa massage dan refleksi Jogja, bisa cek disini atau bisa menghubungi Kami secara langsung.

9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page