top of page
Search

Cara Menenangkan Pikiran yang Bisa Anda Coba

Updated: Sep 13, 2023

Semakin tinggi stres yang dialami seseorang, maka semakin tinggi juga pikiran menjadi tertekan. Hal ini tidak boleh terlalu lama, karena berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.


Ada beberapa cara yang bisa membantu menenangkan pikiran yang bisa Anda lakukan, untuk kesehatan mental Anda. Lalu, apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang? Anda bisa menemukan cara yang ampuh untuk menenangkan pikiran dengan membaca artikel ini hingga selesai.



Daftar Cara Menenangkan Pikiran


Pada tahun 2021, tingkat stres memang mengalami peningkatan sejak terjadinya pandemi covid-19. Supaya tidak berlarut-larut akibat tekanan pikiran yang tidak baik untuk kesehatan mental, maka sebaiknya Anda perlu melakukan beberapa cara-cara berikut.


1. Spa dan Massage


Cara pertama yang bisa Anda lakukan dan kemungkinan berhasil untuk menenangkan pikiran adalah melakukan spa dan massage. Spa dan massage adalah salah satu perawatan tubuh yang memiliki perpaduan pijat, aromaterapi, mandi dengan air hangat, serta suasana yang nyaman.


Melakukan spa dan massage, Anda akan mendapatkan efek relaksasi yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Efek relaksasi ini dihasilkan oleh treatment spa dan massage akibat rangsangan hormon endorfin yang ada di dalam tubuh.


Selain itu, spa dan massage juga bisa membantu membersihkan dan mencerahkan kulit, yang bisa mempengaruhi mood Anda. Pastinya Anda akan merasa senang dan bahagia jika memiliki kulit yang bersih dan cerah.


2. Menyediakan Waktu untuk Menenangkan Pikiran


Cara menenangkan pikiran bisa dilakukan dengan cara yang sederahana, seperti menyediakan waktu. Waktu yang dimaksud ini adalah waktu yang dikhususkan untuk tidak memikiran sesuatu yang bersifat berat dan bisa menimbulkan stres atau kekacauan pikiran.


Waktu yang luang bisa untuk menenangkan pikiran dengan melakukan aktivitas yang positif seperti pergi ke pantai, mendaki gunung, pergi ke taman bermain, dan pergi ke tempat spa massage terdekat. Ketika Anda meluangkan waktu untuk bersantai, pastikan Anda meninggalkan beban pikiran di rumah dan fokuslah untuk aktivitas menenangkan diri.


3. Meditasi


Sebetulnya banyak orang mempercayai, bahwa ketenangan adalah salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Cara menenangkan pikiran dengan ketenangan adalah melalakukan meditasi setidaknya selama satu atau dua jam.


Pastikan Anda sudah menghindari hal-hal yang bersifat negatif dan memberatkan, setelah itu biarkan tubuh merasa puas dalam keadaan damai. Ketika meditasi berlangsung nikmatilah ketenangan tersebut yaitu ketenangan yang tercipta karena adanya keseimbangan pikiran dan perasaan.


4. Membaca Buku Motivasi


Hal-hal yang bisa memotivasi Anda sering kali bisa membantu menyembuhkan seseorang yang memiliki tingkat stres yang tinggi maupun pikiran yang sedang kacau. Jika Anda tidak memiliki biaya untuk mengikuti sebuah kegiatan seminar motivasi. Anda bisa melakukannya dengan membaca buku motivasi. Dengan membaca buku yang berisikan motivasi, maka secara tidak sadar Anda akan termotivasi juga, sehingga stres akan berangsur hilang.


5. Jangan Nethink


Kunci pikiran Anda dari pikiran kacau yang menerpa dengan tidak memikirkan hal-hal yang negatif, serta jangan nethink. Meski hal ini terlihat mudah dan sepele, pikiran negatif bisa membuat Anda menjadi down dan merasa takut ketika menjalani hidup, sehingga akhirnya stres terus menumpuk.


Dengan melakukan kelima cara menenangkan pikiran yang sudah dijelaskan di atas, semoga Anda bisa sembuh dan terhindar dari pikiran yang kacau dan stres. Jangan sampai bergadang terlarut yang bisa membuat pikiran menjadi buruk, Anda harus bangkit dan terus berpikir positif demi kesehatan mental Anda.


Anda bisa melakukan spa dan massage di tempat salon spa terdekat. deWAVE Therapy and Reflexology yang bisa jadi rekomendasi tempat spa favorit Anda, deWAVE tidak hanya ada di Jogja saja, deWAVE juga hadir di kota lain seperti Kudus, Pangandaran, Pondok Gede, Bekasi, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya.

75 views0 comments
bottom of page