top of page
Search

Lebih Baik, Massage Setelah atau Sebelum Olahraga

dewave.id - Kapan waktu yang tepat untuk melakukan massage, sebelum atau sesudah olahraga? Pijat sering dilakukan setelah melakukan olahraga. Pijat atau massage berasal dari bahasa Yunani yaitu "masso" yang memiliki arti menyentuh, meremas atau menguleni (adonan). Pijat bermanfaat untuk mengurangi rasa tegang atau sakit pada otot tubuh.



Massage Sesudah Olahraga


Pijat sesudah olahraga bisa membantu meredakan rasa sakit pada otot. Sebuah studi menjelaskan bahwa pijat setelah olahraga bisa mempengaruhi dua gen khusus di dalam sel otot.


Gen pertama yaitu mengurangi peredangan yang bekerja seperti obat pereda sakit. Sementara itu untuk gen kedua memproduksi mitokondria, sumber tenaga sebuah sel, untuk menghasilkan energi. Hal ini berbeda dengan es atau obat pereda nyeri, pijat (massage) tidak menghalangi penyembuhan otot. Pijat bisa dilakukan langsung setelah berolahraga berat.


Massage Sebelum Olahraga


Pijat sebelum olahraga bisa membantu pemanasan dan pereggangan pada otot. Otot-otot yang diregangkan bisa membantu Anda lebih fleksibel ketika berolahraga dan mencegah terjadinya cedera pada otot.


Selain terhadap fisik, pijat sebelum olahraga bisa mengurangi rasa stress, cemas, dan tegang, sehingga Anda bisa lebih santai dan fokus berolahraga. Pijat yang tepat bisa dilakukan sebelum olaraga adalah pijatan yang lembut dengan tekanan yang rendah untuk menghindari rasa sakit pada otot.


Massage: Setelah atau Sebelum


Melihat informasi tersebut, pijat bisa dilakukan setelah atau sebelum berolahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Jika Anda ingin tubuh Anda rileks dan fokus ketika berolahraga, maka massage bisa membantu Anda lebih santai. Jika Anda berencana melakukan olahrag ayang berat, maka pijat langsung bisa membantu Anda mengurangi rasa nyeri otot.

8,119 views0 comments
bottom of page