top of page
Search

Manfaat Air Hangat untuk Perawatan Spa

Updated: Apr 15, 2021

dewave.id - Berendam dalam air hangat adalah salah satu terapi alternatif selain itu juga melakukan rileksasi dalam waktu yang cukup lama. Penelitian menunjukan bahwa terapi air hangat dapat bekerja untuk semua jenis kondisi muskuloskeletal, termasuk fibromyalgia, arthritis, dan nyeri punggung bawah.


Masih banyak manfaat berendam air hangat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berendam bisa mengurangi gaya gravitasi yang menekan sendi, memberikan perasaan rileks terhadap anggota badan yang mengalami sakit, mengurangi peradangan dan pembengkakan, serta meingkatkan sirkulasi darah.



Sebuah penelitian menunjukan bahwa pasien yang melakukan perendaman dengan air hangat, setidaknya mendapatkan manfaat maksimal setelah berendam selama 20 menit.


Pastikan meminum air sebelum dan sesudah berendam supaya terhidrasi dengan baik. Berikut beberapa langkah-langakah yang bisa Anda coba untuk berendam di air hangat sehingga mendapatkan manfaat lebih bagi tubuh.


Pastikan air yang digunakan hangat


Perbedaan suhu bisa berpengaruh terhadap manfaat untuk tubuh, sehingga suhu yang tepat untuk berendam adalah suhu air sekitar 92 hingga 100 derajat.


Apabila Anda memiliki masalah Kardiovaskular, waspada terhadap air yang terlalu panas karena membuat kinerja jantung terganggu. Komisi Keamanan Produk Konsumen AS menjelasakan bahwa sesuatu yang memiliki suhu lebih dari 104 derajat bisa membahayakan semua orang.


Tambahkan Garam


Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh National Academy of Sciences mengatakan bahwa kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan cukup mineral, dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung dan tulang.


Salah satu cara untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan cara berendam atau mandi dengan magnesium sulfat kristal atau yang dikenal dengan garam Epsom. Garam Epsom murah selain itu mudah ditemukan di toko obat maupun toko klontong, garam epsom juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar magnesium sebanyak 35 persen, berdasarkan penelitian di Universitas Birmingham di Inggris.


Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan garam epsom. National Institute of Health menyampaikan bahwa garam ini seharusnya hanya digunakan sesekali. Bagi penderita diabetes pasti mengetahui bahwa kadar magnesium yang tinggi akan membantu merangsang pelepasan insulin.


Jangan hanya duduk


Air hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, namun alangkah baiknya melakukan pergerakan. Sehingga air hangat bisa menstimulasi aliran dari otot ke kaki dan sendi yang beku.


Membuat bak mandi hangat atu kolam air hangat sangat bagus untuk peregangan tubuh. Selain itu juga membantu meredakan nyeri pinggang, jepit bola tenis seperti punggung dan bagian bawah atu belakang bak mandi, kemudian miringkan ke otot-otot yang kaku.


Menurut Ann Vincent, MD, selaku Direktur Medis Klinik Fibromyalgia Klinik Mayo di Rochester, Monnesota, menyampikan bahwa pasien yang mengalami nyeri pada bagian otot, bisa melakukan perendaman dengan air hangat untuk membantu meredakan dan mengurangi nyeri yang diderita.


Pertimbangkan untuk menggunakan kolam air hangat


Air hangat bisa membantu melawan rasa sakit serta kekakuan radang sendi dan fibromyalgia. Tidak heran jika banyak ahli merekomendasikan melakuakn perendaman di air hangat sebagai olahraga.


Berbagai penelitian dilakukan ketika pasien berpartisipasi melakukan program latihan air hangat yang dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu, sehingga nantinya akan membantu menurunkan rasa sakit sebanyak 40 persen dan fungsi fisik mereka meningkat. Program ini akan memberikan dorongan emosional, membantu orang tidur lebih baik, serta efektif dilakukan bagi individu obesitas.


Itulah beberapa langkah aktivitas berendam yang bermanfaat untuk tubuh. Berendam dengan air hangat akan membantu proses perawatan spa yang punya banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih rileks akibat pemberian minyak aromaterapi yang bisa membantu mengurangi stres. Selain itu melakukan perendaman di air hangat dapat menurunkan kondisi fisik, batin, dan spiritual seseorang.


de WAVE Therapy and Reflexology adalah Spa, Massage, dan Reflexology terbaik di Yogyakarta yang menawarkan layanan spa massage yang dilengkapi dengan Scrub, Body Mask, Exfoliate, dan bisa melakukan perendaman dengan berbagai pilihan seperti Essential Oil dengan aroma Jasmine, Lavender, dan Lemongrass yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan customer, Untuk Informasi lebih detail, silahkan cek disini atau Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan reservasi.

93 views0 comments
bottom of page