Search

Manfaat Lemongrass Essential Oil untuk Penggunaan Massage

dewave.id - Lemongrass essential oil atau minyak serai adalah jenis minyak atsiri yang sering digunakan dalam aromaterapi. Pemakaian lemongrass essential oil menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit khususnya.


Salah satu kandungan lemongrass essential oil adalah citral, senyawa yang digunakan sebagai antimikroba (zat yang menghancurkan atau menekan pertumbuhan mikrorganisme termasuk jamur dan bakteri. Minyak ini punya kandungan limonene yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melumpuhkan bakteri.


Bagaimana Cara Kerja Lemongrass Essential Oil?



Pemakaian aromaterapi, dengan cara menghirup aroma lemongrass essential oil atau minyak serai atau pemakaian secara langsung dengan cara mengirimkan pesan ke otak untuk mengendalikan emosi. Selain itu manfaat lemongrass essential oil juga bisa membantu menenangkan pikiran dan mengatur mood atau perasaan seseorang. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak essential bisa mempengaruhi detak jantung, pernapasan, tingkat stres, tekanan darah, serta fungsi kekebalan tubuh.


Manfaat Lemongrass untuk Kecantikan Kulit


Sebagai Antiinflamasi


Peradangan yang kronis, dianggap dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, kanker, serta radang sendi. Lemongrass essential oil atau minyak serai yang mengandung citral yaitu senyawa yang berperan sebagai anti-inflamasi.


Sebagai Antioksidan


Antioksidan bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel pada kulit tubuh. Berdasarkan penelitian tentang minyak serai atau lemongrass essential oil, hal ini bisa membantu melawan radikal bebas. Selain itu obat kumur minyak serai menunjukan kemampuan antioksidan yang kuat.


Sebagai Antifungi


Lemongrass essential oil bisa membantu menghambat pertumbuhan jamur tertentu. Selain itu lemongrass essential oil yang bisa membasmi fungi yang disebut dengan pityriasis versicolor.


Sebagai antibakteri


Lemongrass essential oil yang bisa mengobati secara alami serta membantu menyembuhkan luka dan membantu mencegah infeksi. Minyak serai atau lemongrass essential oil efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap obat yang bisa menyebabkan infeksi darah, infeksi luka, pneumonia, serta infeksi usus serius. Selain itu, lemongrass essential oil bisa membunuh bakteri yang jadi penyebab jerawat pada kulit.


Tips Menggunakan Lemongrass Essential Oil


Minyak serai atau lemongrass essential oil bisa dikombinasikan dengan carrier oil seperti avocado, almond, dan jojoba. Minyak serai atau lemongrass essential oil yang diaplikasikan secara langsung ke kulit atau ditambahkan ke dalam bak mandi dengan jumlah kecil.


Lemongrass Essential Oil dan Massage Treatment


Serai atau lemongrass essential oil bermanfaat bagi klien yang sedang berjuang dengan setres, kecemasan, dan insomnia. Selain itu, jika klien mempunyai masalah seperti cedera, kesleo, sakit punggung, sifat anti inflamasi pada lemongrass essential oil atau minyak serai yang bisa membantu melegakan otot yang bisa meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.


Lemongrass essential oil telah banyak digunakan sebagai salah satu aromaterapi pada proses spa maupun massage di salon kecantikan. Selain itu, minyak ini sering digunakan karena punya banyak manfaat bagi kecantikan kulit, namun juga untuk kesehatan. Hal ini juga jadi alasan de WAVE Therapy and reflexology memakai minyak serai atau lemongrass essential oil sebagai salah satu pilihan aromaterapi saat melakukan prosesi massage atau spa.


2 views0 comments