Search

Manfaat Pijat Bagi Ibu Hamil

Kehamilan bisa memicu terjadinya keluhan yang tidak menyenangkan bagi ibu hamil. Pijat ibu hamil bisa membuat ibu hamil merasa rileks dan membantu meringankan rasa tidak nyaman.


Bagi seorang wanita yang mengandung, akan terjadi beberapa tekanan yang dirasakan, terutama pada bagian otot perut, bahu, punggung, dan leher. Selain itu, berat badan akan semakin bertambah, hal ini yang menyebabkan rasa sakit di bagian punggung bawah, mengalami perubahan postur akibat posisi panggul semakin maju kedepan. Agar kehamilan merasa nyaman, pijat ibu hamil bisa jadi pilihan ketika me time yang pas.



Berdasarkan Bukti Ilmiah


Secara umum, peneliti akan menunjukan manfaat pijat bagi orang pada umumnya, seperti meredakan rasa sakit dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, peneliti lain juga menemukan manfaat pijat yaitu mengurangi stres, membantu relaksasi, mengurangi nyeri punggung dan sakit kepala.


Semantara itu, penelitian yang dikhususkan untuk mengetahui manfaat pijat ibu hamil masih terbatas. Meski demikian, sebuah studi menyebutkan bahwa pijat ibu hamil memiliki berbagai manfaat positif seperti meringankan nyeri punggung dan kaki, menurunkan tingkat hormon stres dan ketegangan, memperbaiki mood dan meningkatkan rasa bahagia, serta membuat tidur Anda lebih nyenyak.


Dilansir dari Aldokter.com, Untuk pijat ibu hamil bisa dimulai setelah usia kehamilan 12 minggu atau memasuki trimester kedua. Setelah itu, Anda harus menghindari saat usia kehamilan semakin mendekati persalinan, yaitu 32 minggu ke atas. Hal ini yang menyebabkan pijat bisa mempercepat proses persalinan.


Teknik Memijat yang Sesuai


Pada umumnya pijat ibu hamil akan berlangsung sekitar satu jam. Tempat pijat khusus ibu hamil atau tempat spa memiliki kursi atau tempat tidur khusus. Hal ini dikarenakan pijat ibu hamil, biasanya melakukan dengan berbagai cara, seperti duduk, berbaring ke samping atau setengah berbaring.


Pemijatan ibu hamil ini dilakukan oleh terapis yang sudah memahami bagian tubuh yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu juga, ibu hamil perlu pijatan ekstra pada tubuh, disarankan untuk memberitahu terapis secara langsung.


Berbagai jenis tipe pijat ibu hamil, seperti pijat tradisional yang dilakukan dengan cara penekanan hingga ke otot, atau Anda bisa melakukan pijat Swedia melalui tekanan yang cukup panjang ke arah sendi dan otot yang aktif. Sementara itu, teknik pijat ibu hamil yang sering ditemukan adalah Shiatsu, melalui penekanan dan pijatan pada titik akupresur yang bisa membantu menstimulasi energi secara alami.


Berbagai teknik pijat bisa memperbaiki kondisi tubuh ibu hamil, seperti mencegah penyumbatan darah bagian kaki, akibat meningkatnya aliran darah yang dialami ibu hamil. Sementara itu, terpis akan melakukan pijatan dengan menyentuh bagian perut yang ringan atau tidak sama sekali.


Anda bisa melakukan treatment massage ini di tempat spa massage terdekat, atau bisa kunjungi deWAVE Therapy and Reflexology terdekat. Kini deWAVE sudah hadir di sekitar Anda seperti Jogja, Magelang, Kudus, Pangandaran, Pondok Gede, Bekasi, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya. Anda bisa melakukan reservasi dengan cara menghubungi Kami disni.


1 view0 comments