Search

Manfaat Pijat Refleksi bagi Ibu Hamil di Spa dan Salon

Perawatan kecantikan di Salon dan Spa adalah salah satu perawatan yang dibutuhkan wanita modern. Pada umumnya wanita karir memiliki aktivitas yang padat, sehingga perawatan di spa dan salon menjadi "me time" yang menyenangkan.


Hal itu juga sama dilakukan ibu hamil, selain baik untuk kesehatan janin, dan kesehatan fisik, ternyata mental ibu hamil perlu diperhatikan. Trend yang sedang berkembang adalah layanan pijat untuk ibu hamil yang sudah ada di spa dan salon.



Terapi pijat ini bisa dilakukan untuk ibu hamil, selain itu terapi ini harus dilakukan oleh terapis yang professional khusus pijat ibu hamil. Namun, terapi ini perlu perlakuan khusus pijat kehamilan.


Manfaat Positif Pijat Ibu Hamil

Seperti halnya saat tidak hamil, melakukan relaksasi dengan cara terapi pijat punya banyak manfaat. Bagi Ibu hamil, manfaat pijat kehamilan sangat banyak. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapat melalui pijat ibu hamil?


1. Memperlancar peredaran darah

Aliran dan sirkulasi darah sangat penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil. Selain kandungan zat makanan dan oksigen untuk janin yang mengalir bersama darah. Ternyata pijat kehamilan bisa membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.


2. Mengurangi Tingkat Stres

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam pijat kehamilan yang dilakukan secara rutin bisa mengurangi kadar stres. Selain itu pijatan ini bisa membantu mengurangi norepinephrine dan hormon kortisol, pada dua hormon pengatur kadar stres.


Hal ini akan berbeda jika nanti hormon serotonin dan dopamine akan meningkat. Dua hormon tersebut akan menghindari ibu hamil dari stres pasca melahirkan, selain itu juga bisa mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan kurang dari standar normal.


3. Menghilangkan Nyeri

Mayoritas ibu hamil mengalami rasa nyeri pada bagian pinggang belakang. Semakin besar ukuran janin, tentu akan menambah beban pada bagian sekitar pinggang dan perut. Bahkan rasa nyeri tersebut bisa menjalar ke bahu maupun bagian leher.


Rasa nyeri pada bagian pinggang akibat berkumpulnya cairan pada persendian. Pijatan lembut pada bagian yang nyeri bisa membantu menstimulasi sel tubuh untuk mengurangi rasa nyeri.


4. Membantu Proses Produksi ASI

ASI adalah nutrisi yang bagus untuk bayi. Pijat kehamilan bisa membantu merangsang sel-sel pada bagian payudara, supaya memproduksi ASI. Jika pijatan tersebut dilakukan rutin, maka sejak hari pertama kelahiran Asi sudah bisa keluar.


Pijatan yang dilakukan pada area aerola payudara bisa membuat puting lebih besar, dengan demikian, Ibu hamil bisa lebih mudah menyusui bayi yang baru saja lahir. Banyak kasus bayi dehidrasi akibat kesulitan menyusui akibat puting terlalu kecil.


5. Menjaga Postur Tubuh

Saat kelahiran, Ibu hamil bisa mengalami masalah pada tulang beakang. Untuk mngurangi resiko tersebut, maka pijat kehamilan terjadi pada tulang belakang yang bisa jadi tindakan pencegahan.


Namun, pijatan pada area tulang belakang harus dilakukan dengan hati-hati. Selain itu tulang belakang juga punya banyak saraf yang terhubung langsung dengan otak. Jika teknik pijat tersebut salah, bisa jadi saraf tersebut terjepit.


Ternyata, punya banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dengan cara terapi pijat kehamilan di spa dan salon terdekat. Selain itu bisa membuat area kehamilan menjadi menyenangkan.

1 view0 comments