Search

Spa Massage Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Updated: Apr 15

dewave.id - Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik bisa melindungi dari kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangatlah penting untuk mencegah timbulnya suatu penyakit, terutama saat terjadinya virus Corona seperti saat ini.



Salah satu cara yang menarik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan spa massage yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja manfaat spa massage? simak informasi lengkap berikut ini.


Meningkatkan kekebalan tubuh


Terapi pijat membuat tubuh kita menjadi lebih rileks. Ternyata spa massage bisa mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Berdasarkan sebuah studi, massage yang dilakukan selama 45 menit bisa meningkatkan jumlah limfosil (sejenis leukosit dengan inti tunggal tak bersegmen). Sel darah putih ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga bisa terhindar dari serangan penyakit. Selain itu massage bisa membantu menurunkan kadar sitokiri. Melekul berperan penting dalam peradangan Hormon kortisol (hormon stres) yang bisa diturunkan melalui terapi pijat.


Meningkatkan kualitas tidur


Apabila Anda mengalami susah tidur pasti akan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari Anda. Setidaknya melakukan treatment massage sekali dalam tujuh hari menurut National Institute of Health. Sulit tidur bisa diatasi dengan terapi massage, sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mengatakan bahwa terapi pijat bisa meningkatkan gelombang delta, sehingga gelombang pada otak bisa membuat tidur lebih nyenyak.


Mengurangi kecemasan dan depresi


Sangat mudah merasa cemas dan depresi ketika berada pada masa-masa sulit. Melalui treatment massage tingkat koritisol pada tubuh bisa berkembang. Sebuah penelitian juga dilakukan oleh orang-orang dewasa. Para relawan diminta melakukan duduk dan dipijat selama 15 menit. Hal ini dilakukan dua kali perminggu selama lima minggu.


Hasilnya adalah terdapat peningkatan pada frontal gelombang delta (gelombang otak yang berhubungan dengan kesadaran dan empati) yang dapat memicu perasaan rileks. Selain itu, gelombang alpha frontal dan kekuatan gelombang beta (gelombang otak menjadikan Anda waspada) menurun. Hal ini juga akan membantu proses relaksasi yang mendalam, sehingga kecemasan pun berkurang.


Namun jangan sembarangan melakukan terapi pijat. sebagikanya terapi pijat dilakukan oleh terapis yang professional seperti terapis-terapis di deWAVE Spa Massage and Reflexology. deWAVE selalu memberikan refreshment training kepada terapis untuk memastikan konsistensi dan kualitas tinggi teknik massage.

6 views0 comments