Search

Terapi Pijat yang Tepat untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

dewave.id - Terapi pijat adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang banyak digunakan untuk mengatasi gejala tertentu. Saat ini terapi tidak hanya memberikan efek relaksasi, tetapi juga efektif untuk meredakan nyeri dan mengatasi stress.


Pijat adalah aktivitas yang bisa memberikan tekanan pada anggota tubuh, terutama otot, kulit, dan urat, selain teknik atau metode lain. Terapi pijat bisa dilakukan di berbagai tempat spa massage yogyakarta, seperti deWAVE Spa Massage dan Reflexology, maupun spa massage terdekat dari lokasi Anda.



Bahkan, Anda bisa menikmati layanan pijat menggunakan alat atau kursi pijat dengan harga yang relatif terjangkau, di tempat spa massage terdekat. Untuk mengenal lebih jauh tentang apa saja jenis-jenis terapi pijat.


Jenis-Jenis Terapi Pijat


Pijat bisa dilakukan dengan berbagai cara dan teknik. Berikut ini adalah beberapa jenis terapi pijat yang bisa Anda coba:


Pijat Jaringan Dalam (deep tissue massage)


Apabila tubuh Anda terasa kaku dan nyeri, maka jenis pijat ini cocok bagi Anda untuk meredakan nyeri dan kaku pada tubuh, karena terapis akan berfokus untuk memberikan tekanan pada lapisan otot, tendon, maupun jaringan lainnya pada permukaan kulit. Selain itu, teknik pijat ini bisa membantu meringankan cedera otot seperti keseleo.


Pijat akupresur (acupressure massage)


Metode pijat ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu atau yang dikenal dengan sebutan akupresur. Pemberian tekanan pada titik tertentu pada tubuh ini dipercaya bisa mengatasi penyumbatan, melancarkan aliran, dan mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh.


Selain itu, terapi pijat akupresur ini bisa meredakan nyeri serta meringankan efek samping kemoterapi.


Pijat Thai (Thai Massage)



Terapi jenis ini berbeda dengan pijat pada umumnya. Thai massage dilakukan diatas matras, serta orang yang memijat diharuskan untuk bergerak aktif. Terapi pijat jenis ini menggunakan teknik penarikan, peregangan, dan gerakan seperti yoga.


Pijat refleksi



Metode pijat refleksi banyak digemari oleh masyarakat. Teknik pijat refleksi akan berfokus pada titik tertentu pada bagian tubuh, terutama pada bagian tangan dan kaki, yang memiliki bermacam saraf yang terhubung ke berbagai organ dalam tubuh.


Dengan teknik pemijatan pada area tersebut, dipercaya bisa mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami.


Pijat Batu Panas (hot stone massage)


Hot stone massage sangat cocok dilakukan untuk mengatasi keluhan nyeri atau tegang pada otot. Metode pijat ini bisa menggunakan batu yang sudah dihangatkan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh.


Selain itu, metode pijat ini bisa membantu meredakan ketegangan otot serta mengurangi nyeri yang dialami.


Pijat Aromaterapi



Pijat aromaterapi hampir mirip dengan pijat biasa, hanya saja pada treatment ini menggunakan aromaterapi saat memijat. Pijatan ini akan berfokus pada area punggung, bahu, kepala, dan umumnya berlangsung selama 60-90 menit.


Untuk metode ini, Anda bisa memilih aroma esensial sesuai dengan kesukaan Anda, sehingga Anda merasa nyaman, tenang, dan rileks saat dipijat.


Selain itu, dalam kondisi lain yang terbantu adanya terapi pijat ini, seperti hamil. Pijat ketika hamil bisa membantu meredakan stres, pembengkakan kaki dan lengan, serta nyeri sendi dan otot.


Manfaat Terapi Pijat untuk Kesehatan


Selain untuk relaksasi, ternyata terapi pijat ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, yaitu:


1. Meredakan Sakit Kepala


Treatment massage bisa membantu meringankan keluhan sakit kepala, seperti migran. Berdasarkan penelitian, bahwa terapi pijat bisa memperbaiki kualitas tidur dan meredakan gejala nyeri pada orang yang sering merasakan migran atau sakit kepala.


2. Meringankan nyeri punggung


Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa pijat bisa membantu mengatasi gejala nyeri punggung kronis. Tetapi, manfaat pijat ini sebagai pengobatan nyeri punggung yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.


3. Mengurangi nyeri sendi


Kaku dan nyeri sendi adalah salah satu keluhan yang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh radang sendi atau osteoartritis. Treatment massage bisa jadi solusi sebagai terapi tambahan untuk meringankan nyeri dan meningkatkan pergerakan sendi pada sesorang yang mengalami radang sendi.


4. Mengurangi stres


Treatment massage bisa membantu tubuh untuk meningkatkan empat jenis hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia, adalah endorphin, dopamin, serotonin, dan oksitoksin. Meningkatnya hormon tersebut, membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga stress yang sebelumnya dirasakan akan berkurang.


5. Memperbaiki kualitas tidur


Pijat bisa dilakukan secara rutin untuk membantu menurunkan tingkat depresi dan rasa cemias, selain itu juga bisa memperbaiki kualitas tidur. Hal ini dilakukan karena pijat bisa memicu pelepasan hormon serotonin, hormon yang bisa memberikan efek tenang. Teknik pijat ini tidak hanya memberikan manfaat untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak dan remaja.


Anda bisa melakukan spa dan massage di tempat salon spa massage terdekat. deWAVE Therapy and Reflexology yang bisa jadi rekomendasi tempat spa massage favorit Anda, deWAVE tidak hanya ada di Jogja saja, deWAVE juga hadir di kota lain seperti Yogyakarta, Magelang, Kudus, Pangandaran, Jakarta, Greenlake, Tangerang, Makassar, dan cabang deWAVE lainnya.


Jika di Kota Anda belum ada brand spa, massage, dan reflexology yang terpercaya? Maka segera ambil kesempatan emas ini. Anda bisa tanya langsung ke Kami dengan cara menghubungi kami disni atau melihat informasi lebih detail tentang franchise spa deWAVE disini.






1 view0 comments