Search

Asal-Usul Spa Sebagai Ritual Perawatan Tubuh

dewave.id - Bagi kamu yang gemar merawat tubuh, mungkin sudah tidak asing mendengar kata spa. Spa sudah jadi aktivitas yang biasa dilakukan banyak orang, khususnya wanita. Nah, treatment spa memang banyak manfaat untuk tubuh. Namun apakah kamu tahu, bahwa spa punya sejarah. Yuk simak penjelasan dibawah ini, biar kamu makin paham tentang sejarah spa.



Sejarah dan Pengertian Spa


Sebelum mengenal lebih jauh tentang spa, akan lebih baik jika kamu mengerti asal usul kata spa dan sejarahnya. Spa adalah salah satu perawatan tubuh yang biasanya ditawarkan oleh salon, atau tempat massage. Kata spa berasal dari bahasa latin yaitu sante par aqua atau solus per aqua.


Sebenarnya, spa sudah ada sejak zaman Romawi. Bahkan, aktivitas spa menjadi bagian kehidupan sehari-hari bagi bangsa Romawi, baik pria maupun wanita. Tempat spa bangsa Romawi bisa kamu temukan di tempat pemandian yang ada di taman, ruang baca, restoran, bar, dan tempat belanja. Selain itu, penikmat spa berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain untuk relaksasi.


Sebelum Romawi, bangsa Yunani sudah mengenal spa sejak 377 SM. Bahkan ritual mandi orang Yunani menjadi dasar perawatan spa modern. Dulunya ritual mandi menggunakan bathtub kecil, baskom tempat air, dan perawatan kaki untuk membersihkan diri. Selain itu, orang Yunani percaya bahwa kolam air hangat adalah tempat para dewa menyembuhkan penyakit.


Pada zaman kerajaan Romawi, berendam bersama di kolam air hangat, bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Aktivitas ini menjadi ajang untuk memperluas jaringan. Sebelum ditemukan air hangat, penduduk Romawi sudah rajin mandi di tempat yang dikenal dengan sebutan Roman Baths.


Roman Baths adalah tempat pemandian air panas alami, yang dipercaya masayarakat Romawi sebagai tempat tinggal dewi yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Tempat pemandian air panas ini konon ditemukan oleh King Bladud, yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat pendiri kota Bath.


Bagaimana Dengan Sejarah Spa di Indonesia


Spa sudah ada sejak zaman nenek moyang, hanya saja namanya bukan spa. Perawatan tradisional ini memiliki makna menyeluruh, artinya perawatan tubuh yang memperhatikan kesimbangan raga, dan sukma nenek moyang. Perawatan tersebut diwariskan secara turun temurun, hingga generasi sekarang yang dikenal sebagai perawatan tradisional.


Masa Majapahit


Di tahun 1872 sebuah literatur kuno menjelaskan bahwa adanya tempat pemandian di kompleks keraton Majapahit dan Medang. Candi Tikus dan Kolam Segaranyang menjadi tempat pemandiaan yang digunakan untuk membersihkan diri, jiwa, dan raga. Selain itu, tempat pemandian laki-laki dan perempuan dipisah dalam dua bilik kecil. Sedangkan di luar bilik terdapat lapangan yang luas untuk latihan keprajuritan.


Pasuruan


Di tahun 1009 M, Raja Airlangga membangun tempat pemandian di Gunung Penanggungan, Pasuruan, Jawa Timur. Tempat pemandian tersebut, dikenal dengan sebutan nama Petirtaan Belahan atau Candi Belahan. Selain sebagai tempat pemandian, Candi Belahan merupakan situs pertapaan Raja Kahuripan tersebut. Bahkan, air dari pemandian ini dipercaya memiliki khasiat alami, membuat kulit tampak awet muda.


Yogyakarta


Banyak kerajaan-kerajaan di Indonesia memiliki tempat pemandian, setelah zaman Majapahit dan Kahuripan. Yogyakarta memiliki tempat pemandian yang berlokasi di Taman Sari milik Sri Sultan Hamengkubuwono yang dibangun pada tahun 1789. Tempat pemandian tersebut diperuntukan untuk Raja dan kerabatnya, berfungsi sebagai tempat untuk mensucikan diri, menyehatakan jiwa, dan raga. Selain itu, disamping kompleks Taman Sari menjadi tempat beribadah, perkantoran, dan benteng pertahanan.


Bali


Tirta Empul Tampaksiring menjadi tempat pemandian di Bali, sejak kerajaan Bedaulu atau sekarang disebut Gianyar. Tirta Empul Tampaksiring ditemukan sekitar 926 Masehi, pada dinasti Warmadewa dari abad 10 hingga abad 14. Keunikan dari tempat ini, terdapat mata air alami yang ada di Kawasan pura. Air dari mata air Tirta Empul Tampaksiring dimanfaatkan masyarakat pemeluk agama hindu sebagai pemandian untuk menyucikan diri, dan memohon tirta suci.


Zaman Modern


Sejarah membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah lama mengenal perawatan tubuh secara turun temurun. Kondisi tersebut berbeda dengan sekarang, seiring berkembangnya zaman, spa menjadi perawatan tubuh yang banyak dinikmati oleh siapapun dan kapapun.



Dan kini kamu bisa melakukan treatment spa massage di de WAVE Family Massage, Salon & Reflexology. Ketika kamu masuk ke area de WAVE, kamu akan disambut pernak-pernik mewah yang menghiasi setiap ruangan, membuat suasana menjadi modern. Tak hanya itu saja, setiap ruangan dilengkapi aromaterapi dengan wangi yang bisa disesuaikan, membuat pelanggan merasa nyaman ketika menjalani treatment massage di de WAVE.


Selain mengandalkan fasilitas massage yang lengkap, de WAVE memiliki terapis berpengalaman dan professional. Terapis de WAVE sudah dilatih dengan trainer yang andal, sehingga mampu memberikan pijatan yang memuaskan bagi pelanggan de WAVE.


Jika kamu ingin merasakan spa massage yang nyaman dan terjangkau, de WAVE bisa jadi rekomendasi untuk memanjakan tubuh. Segera reservasi sekarang, biar tidak kehabisan tempat alangkah baiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat spa massage dan reflexology favorit, dengan menghubungi kami disini.


Jika kamu ingin mendapatkan informasi seputar de WAVE, kamu bisa ikuti sosial media de WAVE disini atau kamu juga bisa daftar member de WAVE gratis disini. Biar kamu bisa menikmati berbagai macam promo menarik, dan diskon khusus di waktu-waktu tertentu.


Jika di kota kamu belum ada brand spa, massage, dan reflexology yang terpercaya? segera ambil kesempatan emas ini. Atau kamu bisa tanya langsung ke kami dengan cara menghubungi kami disini atau melihat informasi lebih detail tentang franchise spa de WAVE disini.

10 views0 comments