Search

Sekilas Sejarah Pijat Refleksi dan Perkembangannya

dewave.id - Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “reflexology” atau pijat refleksi. Salah satu terapi kesehatan, berfokus dibagian kaki dan tangan, yang terhubung ke organ tubuh lainnya. Tentu pijat refleksi memberikan rasa nyaman, dan ringan pada tubuh. Namun, sebagian orang belum mengenal sejarah perkembangan reflexology. Yuk simak penjelasan dibawah ini, biar Anda makin paham tentang sejarah reflexology.


Sejarah Reflexology



Reflexology atau pijat refleksi sudah ada sejak peradaban kuno di Mesir, Cina, Afrika, dan Indian asli Amerika. Penyebaran refleksi kaki dimulai dari Mesir hingga Eropa lewat kekasisaran Romawi. Sedangkan Asia ke Eropa melewati jalur perdagangan Marco Polo pada 1300 -an, dan perjalanan misionaris Fransiskan. Namun, pada abad 19 belum ada perkembangan yang berarti, hingga Eunice Ingham mengembangkan ilmu pijat refleksi.


Eunice Ingham


Eunice Ingham seorang fisioterapis yang bekerja untuk Dr Joe Shelby Riley. Dr Joe merupakan kolega Dr William Fitzgerald seorang ilmuwan yang mengenalkan Zona Therapy di tahun 1917. Sebuah teori yang menjelaskan tentang tubuh manusia terbagi menjadi 10 zona longitudinal, yang terhubung ke bagian tubuh lainnya.


Di tahun 1930 an, Eunice Ingham mulai melakukan penelitian, dan mengembangkan terapi zona. Meluangkan waktu berjam-jam, untuk menemukan titik refleksi pada kaki yang terhubung, dengan anatomi tubuh lainnya. Dimulai dari penekanan menggunakan jempol, dan jari jari seperti orang melakukan pijat.


Setelah melewati penelitian yang panjang, akhirnya Eunica menemukan titik terapi, dan mulai menerbitkan buku pertamanya yang berjudul “Stories The Feet Can Tell” pada tahun 1938. Eunice Ingham terus melakukan perjalanan, untuk mengenalkan terapinya kepada praktisi kesehatan, melalui seminar-seminar kesehatan.


Eunice Ingham menyatakan bahwa kaki menjadi tempat yang cocok untuk diberi tekanan. Kaki juga sama dengan tangan, berada pada zona longitudinal. Biasanya kaki dilindungi oleh kaos kaki dan sepatu, sehingga lebih sensitive. Oleh sebab itu, Euince mulai mencari titik refleksi yang tepat pada kaki, dan mengembangkan pijat Ingham.


Sampai Eunice Ingham meninggal dunia pada usia 85 tahun (Desember 1974). Seluruh hidupnya didedikasikan untuk membantu orang lain, dan mengenalkan manfaat reflexology.


Eunice Ingham merupakan ahli ilmu reflexology modern yang paling fenomenal, bahkan beliau mendapatkan gelar kehormatan Mother of Reflexology. Banyak ahli yang turut mengembangkan reflexology, salah satunya adalah Doreen Bayley.


Doreen Bayley


Ketika sedang berkunjung ke Amerika, Doreen Bayley terkesan dengan hasil karya Eunice Ingham, dan mulai belajar tentang reflexology sebelum kembali ke Inggris.


Setelah menimba ilmu di Amerika, Doreen Bayley mulai mengenalkan, dan mengembangkan teknik pijat refleksi ke masyarakat Inggris. Bahkan, Doreen juga mendirikan sekolah pijat refleksi bayley.


Seiring berkembangnya zaman, sebagaian orang mulai menyukai teknik ini, dan sekolah pijat refleksi bayley mulai dikenal banyak orang. Setelah dikenal banyak orang, Doreen Bayley mulai mengadakan kursus di Inggris dan Eropa. Di tahun 1978, Doreen Bayley mulai menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Reflexology Today” yang dicetak ulang oleh Healing Arts Press, dan menjadi modul untuk pengembangan teknik pijat refleksi hingga sekarang.



Jika Anda tertarik untuk melakukan pijat refleksi, maka Anda bisa datang ke de WAVE Family Massage, Salon & Reflexology. Supaya tidak kehabisan tempat, alangkah baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat spa massage dan reflexology favorit, dengan menghubungi kami disini.


Dan dapatkan informasi seputar de WAVE dengan mengikuti sosial media de WAVE disini atau Anda juga bisa daftar member de WAVE gratis disini. Biar Anda bisa menikmati berbagai macam promo menarik, dan diskon khusus di waktu-waktu tertentu.


Jika di kota Anda belum ada brand spa, massage, dan reflexology yang terpercaya? segera ambil kesempatan emas ini. Atau Anda bisa tanya langsung ke kami dengan cara menghubungi kami disni atau melihat informasi lebih detail tentang franchise spa de WAVE disini.

24 views0 comments