top of page
Search

Yuk Cari Tahu Perbedaan Bahan Lulur dan Scrub

Perawatan tubuh sudah jadi kebutuhan bagi setiap orang, dilihat dari meningkatnya produk perawatan dipasaran, sehingga dengan jenis produk atau varian yang beragam, membuat orang kebingungan memilih produk yang dicari.



Masing-masing produk perawatan biasanya memiliki bahan yang hampir sama, namun mempunyai perbedaan nama. Misalnya adalah produk scrub badan dan lulur body scrub. Jika Anda tidak tahu perbedaan bahan baku dari produk perawatan tersebut, kali ini de WAVE Spa akan membagikan informasi perbedaan bahan lulur dan scrub badan, simak informasi lengkapnya.


Perbedaan Bahan Lulur dan Scrub

Produk lulur dan scrub badan menjadi produk wajib bagi sesorang yang memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit. Pemakaian produk ini pun bisa dilakukan laki-laki atau perempuan. Dua jenis produk ini bahkan memiliki berbagai jenis merek dan varian dengan manfaat yang berbeda-beda,


Namun produk scrub dan lulur body scrub sebenarnya memiliki perbedaan? Ternyata keduanya adalah dua produk perawatan tubuh yang bebeda. Perbedaan tersebut terlihat dari bahan atau komposisi yang digunakan untuk memberikan tekstur, aroma, dengan manfaat yang berbeda-beda.


Pada dasarnya produk lulur memiliki bahan berupa aneka bahan alami yang bermanfat untuk kulit. Contohnya rempah-rempah seperti cengkeh, serai, kunyit, dan lainnya. Selain itu bisa juga terbuat dari kelopak bunga pada bunga melati dan mawar.


Sedangkan untuk lulur body scrub biasanya menggunakan bahan alami seperti buah-buahan yang diekstrak terlebih dahulu. Ekstrak ini nantinya akan diolah menjadi produk seperti tekstur krim yang dicampur dengan bahan tertentu yang bisa menghasilkan aroma dan tekstur butiran scrub.


Meskipun scrub dan lulur memiliki perbedaan, namun fungsinya tetap sama yaitu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Selain itu membantu membersihkan, mencerahkan serta menghaluskan permukaan kulit saat dipakai secara rutin.


Perbedaan Lain yang Perlu Diketahui

Selain perbedaan dari bahan dasar body scrub dan lulur yang punya kandungan scrub. Ternyata masih ada perbedaan lainnya, antara lain.


1. Formula

Perbedaan pertama adalah dilihat dari formula atau bentuk produk secara fisik yang bisa dirasakan atau diraba. Produk lulur biasanya berbentuk serbuk yang nantinya akan dilarutkan bersama air mawar atau air biasa. Selain itu ada juga produk lulur berbentuk cair yang pemakaiannya perlu dikocok terlebih dahulu. Beberapa bentuk lainnya seperti pasta.


Sedangkan scrub biasanya memiliki bentuk seperti pasta dengan butiran halus di dalamnya. Butiran inilah yang disebut scrub, yang berguna untuk membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada permukaan kulit.


2. Tekstur

Pebedaan selanjutnya pada tekstur, bahan yang digunakan lulur memiliki tektsur lebih kasar jika dibandingkan dengan scrub badan yang lebih lembut terletak pada butiran scrub di dalamnya. Sehingga bagi sesorang memiliki kulit sensitif, dianjurkan memakai scrub.


3. Cara penggunaan

Meskipun dari segi fungsi sama, ternyata scrub dan lulur memiliki cara penggunaan yang berbeda. Produk scrub diaplikasikan saat kulit dibasahi terlebih dahulu dengan air, sedangakan lulur body scrub diaplikasikan ke seluruh area permukaan kulit dengan keadaan kulit kering dan sebelum mandi.


Mana yang Lebih Baik?

Jika dibandingakan antara scrub dan lulur, memang memiliki banyak perbedaan,namun dilihat dari fungsi dan manfaat ternyata sama. Jika diharuskan memilih mana yang terbaik, maka bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Bagi seseorang yang punya kulit sensitif dianjurkan memakai scrub badan supaya lebih aman.


Selain itu penentuan pilihan yang baik untuk perawatan bisa dilihat dari manfaat dan kandungan bahannya. Jika perlu perawatan tubuh yang bisa mencerahkan kulit, bisa memilih scrub atau lulur yang punya kandungan pencerah seperti pepaya, bengkoang, tomat, dan sebagainya.


Anda juga dapat melakukan body scrub dan lulur di De WAVE Therapy And Reflexology. De WAVE juga memiliki layanan refleksi, spa, massage, Aromathic Therapy, Head Theraphy, Back Shoulder Therapy, dan lainnya. Anda juga bisa langsung melihat price list De WAVE DISINI

135 views0 comments
bottom of page